Pojok Rungkut

Masjid Al_Muslimun Laksanakan Qurban Pada Hari Sabtu

Masjid Al_Muslimun Laksanakan Qurban Pada Hari Sabtu

ManunggalMedia – Masjid Al_Muslimun Laksanakan Pada Hari Sabtu – Telah kita pahami bersama, bahwasannya di tanggal 1 September 2017 seluruh umat Muslim merayakan hari Raya Idul Adha. Di hari raya Idul Adha ini, setiap muslim yang mampu telah di wajibkan untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Hewan qurban ini dapat berupa sapi maupun kambing. Dikarenan perayaan hari raya Idul Adha tahun ini jatuh tepat di hari Jum’at, maka sebagian umat Islam ada yang melakukan tradisi penyembelihan hewan qurban di hari Sabtu. Keadaan ini di sebabkan waktu yang tidak akan mencukupi apabila penyembelihan tetap di laksanakan pada hari Jum’at. Karena di hari Jum’at, umat muslim diwajibkan untuk beribadah Sholat Jum’at di waktu Dhuhur.




Penyembelihan pada hari Sabtu ini juga dilakukan di Masjid Al Muslimun yang terletak di Komplek Perumahan Rungkut Barata Kota Surabaya. Para pengurus masjid yang ada di Kelurahan Rungkut Menanggal ini telah sepakat untuk melakukan penyembelihan di hari Sabtu. Pemilihan hari Sabtu ini di sebabkan oleh jumlah hewan qurban yang selalu meningkat jumlahnya pada setiap tahun. Di hari Raya Qurban tahun 2017 ini, pengurus Masjid Al Muslimun telah menerima hewan qurban berupa sapi dengan jumlah 20 ekor dan kambing sejumlah 50 ekor. Dengan jumlah hewan qurban sebanyak ini di khawatirkan waktunya tidak akan mencukupi apabila penyembelihan di lakukan pada hari Jumat.

Ada yang berbeda untuk penyembelihan hewan qurban di tahun ini. Hal ini di karenakan pengurus Masjid Al Muslimun akan melakukan sistim penyembelihan yang terkoordinir dengan berbasiskan teknologi. Untuk itulah, maka Dimana hal ini di lakukan agar proses penyembelihan hewan qurban dapat berjalan dengan baik, cepat dan aman. Untuk menunjang hal ini maka pihak Takmir Masjid menggunakan berbagai peralatan berbasis teknologi, seperti penggunaan Layar LCD berukuran besar untuk memantau kondisi lapangan serta pendirian pos komando yang di gunakan sebagai pusat koordinasi. Untuk para kru yang bertugas di lapangan di ambil seluruhnya dari para anggota remaja masjid (Remas) Masjid Al Muslimun sendiri.

Untuk memuluskan acara penyembelihan qurban ini, dihalaman sebelah timur masjid Al Muslimun di dirikan tenda dengan ukuran besar. Ruangan tenda tersebut kemudian dibagi-bagi menjadi beberapa unit kerja. Mulai dari unit penyembelihan hewan qurban sapi yang mana terdapat 3 line penyembelihan. Untuk penyembelihan qurban sapi ini, telah dibuatkan aliran pembuangan darah hewan yang terhubung langsung dengan selokan. Hal ini di lakukan agar darah hewan yang keluar langsung bisa di bersihkan dengan bilasan air dan dapat di gunakan untuk kegiatan penyembelihan selanjutnya. 

Sedangkan untuk unit penyembelihan kambing di lakukan di halaman depan masjid Al-Muslimun. Proses penyembelihan ini di barengi langsung dengan proses pengulitan dan penanganan “jeroan” dari hewan qurban.  Jeroan ini nantinya akan langsung di bawa untuk di cuci lalu di rebus.

Dari unit penyembelihan ini, daging qurban yang sudah di kuliti akan di bawa ke unit pengirisan daging. Daging berukuran besar terlebih dahulu akan di pisahkan dari tulangnya Kemudian di kumpulkan lagi lalu di timbang dengan cermat. 

Pada area pengulitan ini tim Kedokteran dari Universitas Airlangga Surabaya melakukan inspeksi kesehatan. Mereka dengan seksama memeriksa satu-persatu kondisi kesehatan dari organ ternak yang telah di sembelih. Perhatian utama adalah pada organ hati dan limpa. Proses pengolahan daging bisa di teruskan apabila telah mendapatkan rekomendasi tim kesehatan Unair ini.

Kemudian di unit penimbangan, daging serta tulang akan di potong menjadi ukuran kecil. Pada unit ini sebanyak 20 orang pria di butuhkan guna memotong tulang kambing dan sapi. Sekitar 20 orang wanita juga bertugas untuk mengiris daging lalu di kemas dalam kantong plastik. 

Daging dalam emasan kantong plastik inilah yang kemudian akan di bagikan kepada yang membutuhkan. (Yanuar Yudha)

About Manunggal TV

0 coment�rios:

Post a Comment

Powered by Blogger.