Kegiatan KIM

Kerja Bakti Memperindah Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove

Kerja Bakti Memperindah Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove

Manunggal - Kerja Bakti Memperindah Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove - Minggu pagi adalah saat di mana sebagian masyarakat melakukan olahraga pagi atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga. Namun tidak bagi warga Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya. Ketika jam menunjukkan pukul 06.00wib, beberapa warga yang bertempat tinggal di sekitar lokasi Wonowisata Bintang Mangrove melaksanakan kerja bakti massal. Kerja bakti yang di laksanakan pada hari Minggu pagi (29/10/2017) ini di ikuti oleh sekitar 30 warga.

Kerja bakti ini di lakukan di dua lokasi. Lokasi pertama adalah pembersihan di sekitar lingkungan Mangrove Gunung Anyar. Pada lokasi pertama ini yang turun ke lapangan adalah para ibu-ibu. Mereka dengan sigap membersihkan berbagai macam kotoran dan sampah yang berserakan di tepi sungai dan jalan. Meskipun hanya berjumlah 20 orang, namun mereka tampak cekatan dalam bekerja sambil sesekali di selingi dengan guyonan.

Lokasi kedua dari kerja bakti pada hari Minggu ini adalah jembatan yang merupakan pintu masuk dari kawasan Wonowisata Mangrove Gunung Anyar Tambak. Di sini tampak 10 orang pria berjibaku dengan kayu dan gergaji untuk memperbaiki jembatan tersebut. Jembatan yang di bangun pada tahun 2014 ini memang memiliki lantai yang terbuat dari kayu. Akibat dari berjalannya waktu, ternyata sudah banyak bagian lantai yang kayunya sudah mengalami pengeroposan.

Keroposnya lantai jembatan ini selain di karenakan umurnya yang sudah 4 tahun, juga di sebabkan oleh paparan dari air sungai yang asin. Tidak semua lantai jembatan ini di ganti, namun hanya asebagian saja yang kelihatannya sudah mulai keropos. Satu persatu lantai yang keropos ini kemudian di angkat dan di ganti dengan kayu yang baru.

Kerja bakti yang di lakukan oleh warga Gunung Anyar Tambak ini di laksanakan hingga pukul 11.00wib. Para warga ini seakan tidak peduli dengan panas matahari yang cukup menyengat pada siang hari itu.

Kalau melihat dari keadaan lapangan yang ada saat ini, memang masih banyak Pekerjaan Rumah yang harus di lakukan untum mewujudkan kawasan Wonowisata Bintang Mangrove yang cantik dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Salah satunya adalah kebersihan sungai yang ada di bawah jembatan pintu masuk ini. Serta perlu adanya beberapa pohon peneduh untuk mengurangi sengatan matahari di kawasan wisata ini.

Dalam kerja bakti ini juga sesekali di bahas mengenai perkembangan Wonowisata Bintang Mangrove ini. KIM Manunggal dan KIM GAT Media yang juga turut melaksanakan kerja bakti di lokasi tersebut juga membahas tentang kelanjutan dari Pendirian dari Pos Pantau yang telah di rencanakan. Pos pantau ini nantinya akan di bangun dengan dana CSR dari PLN.

Selain itu, kawasan Mangrove Gunung Anyar ini akan di didirikan Menara Pandang setinggi 10 meter. Rencananya gardu pandang yang akan di pasang di sebelah Pos Pantau ini akan di sumbang oleh dana CSR dari kampus Institut Teknologi Surabaya (ITS). 

Dengan banyaknya bantuan yang akan di berikan pihak luar, hal ini menandakan bahwasannya mereka mempunyai pandangan yang sama akan kemajuan dari kawasan Mangrove Gunung Anyar ini. Di harapkan dengan adanya sumbangsih dan perhatian dari berbagai pihak, nantinya akan membuat kawasan Wonowisata Bintang Mangrove ini akan menjadi lebih maju dan berkembang. Untuk itu warga Gunung Anyar Tambak ini telah sepakat untuk menjaga kawasan ini dengan lebih baik lagi.(Yanuar Yudha)  

Kerja bakti Di Lokasi 1 

About Manunggal TV

0 coment�rios:

Post a Comment

Powered by Blogger.