Header Ads

header ad

Jalan Raya Rungkut Madya Semakin Di Lebar

Jalan Raya Rungkut Madya Semakin Di Lebar

Manunggal - Jalan Raya Rungkut Madya Semakin Di Lebar - Jalan Raya Rungkut Madya adalah jalan tersibuk di kawasan Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Di jalan inilah pusat nadi perekonomian Kecamatan Rungkut berada. Jalan Raya Rungkut Madya ini juga merupakan pembatas dengan Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Tiap harinya, jalan yang membentang dari Pasar Pahing hingga ke arah Kampus UPN Gunung Anyar ini selalu di lewati tidak kurang dari 1500 kendaraan per-harinya.

Dengan kondisi yang demikian, maka tidak heran apabila Jalan Raya Rungkut Madya ini menjadi jalur tersibuk di Kecamatan Rungkut. hampir di sepanjang jalan ini berdiri ruko maupun tempat usaha, mulai dari kelas kaki lima hingga modern. Jalan Raya Rungkut Madya  ini mempunyai panjang sekitar 2,5 km dengan lebar 8 meter. Kondisi permukaannya terbilang tidak rata alias penuh dengan tambalan meskipun tidak ada yang berlubang. Sehingga bisa membuat pengendara cukup merasakan getaran ketika mengendarai kendaraannya.

Jalan Raya Rungkut Madya ini akan menjadi jalur sibuk pada saat jam pulang kerja, yaitu sekitar pukul 16.00wib. Arus kendaraan yang berasal dari jalan Ir Soekarno akan melewati jalan ini sebelum masuk ke arah perumahan-perumahan di kawasan Gunung Anyar dan sekitarnya. Biasanya pada jam tersebut akan muncul kemacetan di depan kampus UPN Surabaya.

Untuk lebih menambah daya tampung Jalan Raya Rungkut Madya ini, Pemkot Surabaya mulai melakukan pelebaran jalan. Pelebaran jalan ini di lakukan dengan cara menutup lapisan tanah yang ada di sebelah jalan beraspal. Dengan melakukan pengaspalan ini, maka antara bangunan di tepi jalan dan Jalan Raya Rungkut Madya tidak terdapat lagi pemisah berupa jalan tanah. Semuanya sudah berupa jalan aspal. Lebar jalan yang berkontur tanah ini sekitar 1 sampai 2 meter dari sisi jalan. Pengerjaan ini nantinya akan di lakukan secara bertahap, hingga semua jalan tanah akan tertutup lapisan aspal.

Dengan menambah kapasitas jalan dari Jalan Raya Rungkut Madya ini, maka di harapkan dapat memperlancar arus kendaraan dari arah Jl. Ir Soekarno. Namun yang harus menjadi perhatian ekstra adalah kondisi Jalan Gunung Anyar Sawah. Jalan yang merupakan sambungan dari  Jalan Raya Rungkut Madya ini hanya cukup di lalui oleh satu mobil pada setiap sisinya. Hal ini tentu saja akan menjadi botle neck dan akan menjadi pusat kemacetan bila tidak segera di atasi.

Yang sangat perlu di perhatikan dari adanya proyek pengaspalan ini adalah daya serap air yang akan berkurang. Apabila sebelumnya tanah bisa menyerap air, maka jika di berikan lapisan aspal air tidak akan terserap. Jika kontruksi jalan aspal tersebut kurang bagus, yang di takutkan adalah timbulnya genangan air di sisi Jalan Raya Rungkut Madya. Hal in tentunya bisa merusak fisik dari jalan Jalan Raya Rungkut Madya tersebut. Apalagi pada bulan November ini, Kota Surabaya di perkirakan sudah memasuki musim penghujan. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, proyek ini di garap oleh Dinas pekerjaan Umum dan Pematusan Kota Surabaya. Sebanyak 2 dumntruk berisi aspal setiap harinya ada di kawasan Jalan Raya Rungkut Madya untuk melakukan pengaspalan. Proyek ini di lakukan pada siang hari dengan jumlah petugas 5- 6 orang. Para petugas ini juga di bekali alat berat untuk meratakan aspal. (Yanuar Yudha)  


Pengaspalan di Jalan Raya Rungkut Madya

Pengaspalan di Jalan Raya Rungkut Madya


No comments

Powered by Blogger.