Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh

Share This

Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh

Manunggal - Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh - Pada hari Selasa (01/10/2017), tepat pukul 08.00 pagi di kawasan Gunung Anyar Tengah mendadak menjadi ramai. Lokasi keramaian ini berada persis di ujung jalan Merr 2C yang berbatasan dengan sungai Kebon Agung. Tampak di lokasi 5 buah truk yang mengangkut puluhan personel Satpol PP Kota Surabaya. Selain itu terdapat pula beberapa anggota dari pihak Kepolisian dan unsur TNI. 

Pemerintah Kota Surabaya sendiri juga menerjunkan puluhan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan. Tidak ketinggalan 2 alat berat juga di terjunkan di lokasi tersebut. Rupanya aksi tersebut adalah rangkaian dari perobohan bangunan rumah yang terkena imbas dari proyek Merr 2C.

Proyek Merr 2C sendiri adalah terusan dari jalan Merr yang saat ini bernama Jalan. Ir.Soekarno. Sejatinya proyek Jalan Merr ini akan memiliki ukuran sepanjang 15km bila Merr 2C Gunung Anyar ini telah tuntas. Jalur Merr memang menjadi andalan untuk mengurai kemacatan yang terjadi di tengah kota. Namun saat ini kondisinya masih terhambat di kawasan Gunung Anyar Surabaya. Hal ini di sebabkan oleh alotnya pembebasan lahan pada kawasan yang terletak di paling timur Kota Surabaya ini. 



Saking alotnya masalah pembebasan lahan, proyek kelanjutan Merr 2C ini terlihat mangkrak sejak tahun 2012. Inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya macet di Jalan Soekarno pada saat berangkat dan pulang kerja. Maka dari itu, saat ini Pemerintah Kota Surabaya melakukan percepatan untuk pembebasan lahan dan persil rumah yang masih berdiri.

Seperti yang terjadi pada pagi kemarin, Pemerintah Kota Surabaya kembali membebaskan delapan persil yang harga kesemuanya adalah 2,2 milyar. Dengan sudah di bebaskannya delapan persil ini , berarti pekerjaan rumah yang adalah membebaskan 26 persil lainnya. Ke-26 persil ini terdiri dari 9 rumah dan 17 tanah sawah. 

Pemerintah Kota Surabaya menargetkan pembebasan keseluruhan lokasi untuk jalan Merr2C bisa selesai tahun ini. Total panjang persil yang di bebaskan adalah 1.6 kilometer. Namun sebagian jalan nanti yang mengerjakan adalah pengembang yang lahannya juga dilintasi oleh Jalan Merr2C, yaitu Puri Mas.

Pembangunan Jalan Merr2C ini di targetkan akan di laksanakan pada tahun 2018 mendatang. Oleh karena itu, semua pembebasan lahan haruslah selesai pada tahun 2017 ini. Pemerintah Kota Surabaya sendiri mengaku sudah menyiapkan dana sekitar 80 milyar untuk pembangunan jalan sepanjang 1,6 km ini.

Berdasarkan pantauan dari Manunggal Media, selama proses pembongkaran persil ini tidak ada gejolak yang cukup berarti. Jadi semua petugas Kepolisian, Satpol PP Kota Surabaya dan Unsur TNI praktis hanya melihat saja. Semua pekerjaan di lakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan. Bersenjatakan 2 alat berat berupa bego satu persatu dinding bangunan mereka robohkan. Untuk persil yang jalan masuknya sempit, mereka melakukannya dengan cara manual. 

Tidak hanya dari petugas dari Pemkot yang melakukan pembongkaran. Beberapa warga juga melakukan pembongkaran sendiri terhadap bangunannya yang terkena imbas dari Jalan Merr 2C ini. SEperti yang di lakukan oleh Lamidi (52) yang sempat di temui oleh Menanggal Media. Lamidi mengungkapkan kalau semua pembayaran dari Pemkot Surabaya telah lunas. Namun dia tetap tinggal di sini meskipun rumahnya tinggal seperenpat dari rumah awalnya dulu. "nanti saya akan buka usaha mas, kalau Merr2C ini sudah jadi" jelas Lamidi. (Yanuar Yudha).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages