Forum KIM Kota Surabaya Mendapatkan Apresiasi Dari Kepala Dinas Kominfo Surabaya - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Forum KIM Kota Surabaya Mendapatkan Apresiasi Dari Kepala Dinas Kominfo Surabaya

Share This

Forum KIM Kota Surabaya Mendapatkan Apresiasi Dari Kepala Dinas Kominfo Surabaya

Manunggal - Keberadaan Forum (Kelompok Informasi Masyarakat) KIM Kota Surabaya telah terbentuk pada tahun 2016 lalu, secara perlahan namun pasti telah menunjukkan kinerja yang positif. Selain telah menjadi mitra strategis pemerintah dalam penyebar luasan program-program pemerintah. Peran KIM juga terasa langsung dampaknya hingga ke lapisan masyarakat. Hal ini di karenakan banyak dari anggota KIM yang tersebar juga di organisasi yang lain seperti Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Kelompok UKM, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis_ dan lain sebagainya. Dengan masuk ke organisasi ini, maka informasi yang di bagikan akan tesebar cukup merata ke semua lapisan masyarakat.

Kemampuan yang di miliki oleh masing-masing personel Forum KIM Kota Surabaya ini juga sudah di kenal kemampuannya hingga ke luar daerah. Beragam prestasi juga telah di raih, seperti menjadi Juara LCCK tingkat Provinsi Jawa Timur. Maka tidak heran apabila banyak KIM dari daerah lain yang datang untuk menimba ilmu ke Kota Surabaya. Bahkan kemampuan KIM Kota Surabaya ini juga telah mencuri perhatian dari pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika. Sehingga beberapa dari anggota forum juga telah mendapatkan kesempatan untuk melakukan study banding ke negara Malaysia.

Karena itulah, Pada hari Selasa (9/01/2018), Ir. Antiek Sugiharti, M.Si selaku Kepada Dinas Kominfo Kota Surabaya berkesempatan untuk menemui semua anggota Forum KIM Kota Surabaya. Di hadapan ke-11 pengurus KIM Kota Surabaya, Antiek menyampaikan rasa terimakasihnya karena telah menjadi patner pemerintah dalah hal penyebar-luasan informasi ke masyarakat serta menjadi agen informasi yang anti terhadap berita bohong/HOAX.

Antiek juga mengapresiasi terhadap prestasi yang telah di raih oleh KIM yang ada di Kota Surabaya ini. Karena dengan prestasi yang di raih, Kota Surabaya telah menjadi salah satu berometer bagi perkembangan KIM di Indonesia. 

Dalam kesempatan ini, Lydia Novi selaku pembina KIM, mengajak Forum KIM Kota Surabaya guna menyusun rencana kerja untuk agenda kegiatan KIM Kota Surabaya pada tahun 2018. Ada banyak kegiatan yang akan di laksanakan bagi KIM se-Kota Surabaya pada tahun ini, antara lain :
  1. Pembinaan Rutin Bulanan selama 12 kali.
  2. Workshop mengenai pembuaatan Vlog dan lain2 selama 4 kali.
  3. Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) yang akan di selenggarakan pada bulan Agustus.
  4. Lomba Vlog.
Ketua Forum KIM Kota Surabaya, juga menyampaikan program-program yang menjadi usulan dari anggota KIM se-Kota Surabaya, yaitu :

    1. Melengkapi 154 KIM Kelurahan.
    2. Verifikasi dan klasifikasi KIM jadi beberapa grade,yaitu  A - B - C.
     - A adalah KIM yg sdh eksis (lebih dari 3 th) dan pernah mengikuti LCCK minimal tingkat Kota.
     - B adalah KIM yang sudah ber-SK, belum lebih dari 2 tahun.
     - C adalah KIM yang baru sama sekali baik yang sudah ber-SK maupun belum.
    3. Workshop Nge-Blog Bersama Bunda Tri. Bagi Pemula.
    4. Pembinaan KIM (kelas) B maupun C.
   5. Edukasi LPMK tentang organisasi & tupoksi KIM, sehingga ke depan keberadaan KIM di  Masyarakat lebih bisa diterima.
    6. Audiensi Pengurus Forum KIM ke Bagian Humas Pemkot Surabaya, Command Centre/112 serta Kepala Dinas Kominfo (terkait hasil kunjungan delegasi KIM Surabaya ke Malaysia).
    7. Materi tentang pembuatan Proposal dan Pengajuan Bantuan CSR/Lembaga Donor/Pihak diluar Pemerintah, bagi kepentingan Pemberdayaan Masyarakat lewat KIM Kelurahan.
    8. Workshop 8 jam, dengan Tema : Monetize Media KIM (hanya utk 30 pegiat KIM/bloger/vloger, yang sudah memiliki Grade - A, atau sudah éksis 3 th/lebih).
    9. Audiensi kepada Walikota Surabaya.
  10. Memberikan seluruh personil Pengurus Forum KIM Kota Surabaya, dalam kegiatan level Kementrian Kominfo (seperti SAIK 2017 di Palembang, th. kemarin), infonya Kabar SAIK 2018 di Mataram - NTB. (Yanuar Yudha)  

Pengurus Forum KIM Kota Surabaya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages