Rungkut Theater Riwayatmu Kini - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Rungkut Theater Riwayatmu Kini

Share This

Rungkut Theater Riwayatmu Kini

Manunggal Media - Menonton bioskop di malam minggu merupakan solusi hiburan yang cukup menyenangkan setelah seminggu kita terpaku pada rutinitas. Bioskop juga menjadi sarana hiburan alternatif keluarga yang menyenangkan. Namun sayangnya saat ini kegiatan menonton di gedung bioskop hanya bisa di nikmati oleh kalangan tertentu saja. Hal ini di karenakan telah tumbangnya gedung bioskop "kelas 3" yang biasanya ada di dekat pemukiman penduduk.


Pada tahun 80'an di kawasan Rungkut Menanggal Surabaya juga terdapat bioskop kelas 3 yang bernama Rungkut Theater. Bioskop dengan kapasitas 200-an orang ini pernah mengalami masa jaya di tahun 80'an hingga awal 2000-an. Setiap harinya gedung bioskop yang bertetangga langsung dengan kantor Harian Surya ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan pada Malam Minggu Rungkut Theater ini juga memutar film Midnight Show sampai pukul 02.00 dini hari.

Lokasinya yang berada di tengah-tengah perumahan dan perkampungan Rungkut Menanggal, benar-benar menjadikan Rungkut Theater ini menjadi hiburan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Biasanya pada malam minggu banyak buruh pabrik yang bekerja di kawasan SIER berduyun-duyun menonton film di tempat ini.

Namun sayangnya sejak jaringan bioskop ternama bermunculan ( XXI, CGV,Cinaplex21, dll) bioskop kelas 3 seperti Rungkut Theatre berangsur-angsur mulai ditinggal penontonnya. Di tambah dengan hadirnya era TV Swasta dengan ragam acaranya yang cukup beragam. 


Puncaknya pada tahun 2005 di mana sang pemilik yang juga mempunyai memiliki 6 gedung bioskop kelas 3 di Kota pahlawan ini mulai menutup satu-persatu usahanya. Bioskop terakhir yang dia tutup adalah Rungkut Theater ini. 

"Pemilik aslinya orang Manado mas, namun sejak tahun 2000 pindah tangan ke pemilik yang sekarang" Jelas Hadi yang sehari-hari menjaga gedung bioskop ini. 

Saat ini gedung bioskop Rungkut Theater ini berubah menjadi sebuah tempat olahraga, yaitu lapangan futsal. Ruangan di dalam gedung bioskop ini telah dimodifikasi menjadi satu buah lapangan futsal lengkap dengan 2 gawang di kanan-kirinya. Tidak ada lagi deretan kursi-kursi kayu, semuanya hilang berganti dengan lapangan beralaskan semen.
Rangka Besi Raksasa
Meskipun Rungkut Theater ini telah beralih menjadi tempat olahraga, namun sisa-sisa kejayaannya masih melekat erat. Seperti rangka besi raksasa tempat poster film yang akan di mainkan. Adapula tempat penjualan karcis, serta tanda film akan di mulai, semuanya masih sesuai dengan kondisi saat gedung bioskop ini masih beroperasi.


Lokert Tiket

Pintu Utama Rungkut Theater
Entah masih ingin menghidupkan bioskop ini kembali atau masih belum move-on dengan kejayaannya, kelihatannya sang pemilik masih sayang dengan bangunan ini. Namun sayangnya beberapa bagiannya sudah nampak rusah karena di makan jaman. 
Ruangan dalam Rungkut Theater
 Meskipun begitu keadaannya, Rungkut Theater ini masih menyisakan kenangan-kenangan bagi warga Rungkut Menanggal dan sekitarnya. (Yanuar Yudha)           

2 comments:

  1. Rungkut Theatre.Fajar. Duta . Anta. :p.., kenangan masa dulinan dingdong..,

    ReplyDelete
  2. Nek duik ku cukup. Tak tuku. Tak gawe gedung beskop maneh :D

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Pages