Perumahan Rungkut Barata Menjadi Nominasi Kampunge Arek Suroboyo 2018 - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Perumahan Rungkut Barata Menjadi Nominasi Kampunge Arek Suroboyo 2018

Share This

Perumahan Rungkut Barata Menjadi Nominasi Kampunge Arek Suroboyo 2018

Manunggal Media - Kota Surabaya adalah kota yang selalu mengajak warganya untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan kota. Biasanya partisipasi ini di kemas dengan berbagai ragam perlombaan untuk mendapatkan reward tertentu. Salah satu-nya contohnya adalah bagaimana mengelola kawasan tempat tinggalnya, agar bisa menjadi lingkngan yang nyaman, aman dan sehat untuk di huni. Untuk itulah Kota Surabaya melaksanakan lomba Kampunge Arek Suroboyo (KAS).  

Pada tahun 2018 ini, RW3 Rungkut Menanggal Surabaya yang merupakan warga dari Rungkut Barata menjadi salah satu peserta dalam lomba KAS untuk tingkat pemula. Untuk lomba KAS ini memang ada 2 macam tingkatan, yaitu peserta tingkat pemula/pratama dan peserta tingkat mapan/madya.

Bertempat di Balai RW3 perum.Rungkut Barata, pada Sabtu pagi (22/9), warga Rungkut Menanggal menyambut kedatangan para juri dari KAS. Para juri ini akan melakukan tinjauan lapangan untuk mengetahui peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan kampungnya ini. Sambutan para juri KAS ini terbilang sangat luar biasa. Dari jalan masuk ke Balai RW mereka sudah di sambut oleh barisan anak-anak TK Tunas Insani dan pasukan dari dokter cilik SDN Rungkut Menanggal I Kota Surabaya.

Langkah para juri menuju lokasi acara sempat berhenti sejenak untuk menikmati sambutan yang cukup ataraktif tersebut. Beberapa kali mereka tampak gemas mencubiti dan menyalami satu persatu anak-anak TK yang menggemaskan ini.

Di dalam Balai RW, para juri mendengarkan paparan dari ketua RW 3, Bapak Baktiono. Dalam paparannya Baktiono menjelaskan bahwa meskipun RW3 ini adalah warga perumahan, namun kekompakannya sangat luar biasa. Hal ini nampak seperti gedung Balai RW dan Masjid Al-Muslimun yang merupakan swadaya dari warga RW3 sendiri.

Baktiono juga memaparkan keberhasilan dan pencapaian-pencapaian yang telah di raih oleh RW3 ini. Mulai dari faktor keamanan kampung, adanya Taman Bacaan Masyarakat, kegiatan kampung mulai dari anak-anak, remaja dan lansia. 

Dalam penjuarian ini ada beberapa aspek yang akan di nilai. yaitu, Kampung Sehat, Kampung Asuh, Kampung Aman, Kampung Belajar dan Kampung Kreatif Inovatif.

Proses penjurian ini di ikuti dengan pengecekan lapangan ke masing-masing wilayah kampung yang di lakukan oleh para juri dan perwakilan warga RW3. Salah satu yang di tinjau oleh para juri ini adalah Taman Bacaan Masyarakat yang juga menjadi satu dengan Paud Mawar. Para juri tampak kagum dengan semua fasilitas yang ada di taman bacaan ini dan kegiatan belajar mengajar yang ada di tempat ini.

Untuk Kampung Kreatif dan Inovatif para juri di ajak untuk mengunjungi RW 1 ke kediaman bapak Budi. Di sana juri melihat kegiatan penghijauan yang di lakukan oleh pak Budi , hingga ke pengolahan sampah menjadi pupuk. 

Pada sesi terakhir, tim juri berpesan agar Kampung yang sudah maju dan hijau ini tetap di pertahankan, meskipun tidak ada lomba. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages