News Scroll

Pojok Rungkut

Seputar Surabaya

Kegiatan KIM

Umum

Manunggal Vlog

You are here

Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh

Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh

Manunggal - Puluhan Rumah Di Gunung Anyar Roboh - Pada hari Selasa (01/10/2017), tepat pukul 08.00 pagi di kawasan Gunung Anyar Tengah mendadak menjadi ramai. Lokasi keramaian ini berada persis di ujung jalan Merr 2C yang berbatasan dengan sungai Kebon Agung. Tampak di lokasi 5 buah truk yang mengangkut puluhan personel Satpol PP Kota Surabaya. Selain itu terdapat pula beberapa anggota dari pihak Kepolisian dan unsur TNI. 

Pemerintah Kota Surabaya sendiri juga menerjunkan puluhan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan. Tidak ketinggalan 2 alat berat juga di terjunkan di lokasi tersebut. Rupanya aksi tersebut adalah rangkaian dari perobohan bangunan rumah yang terkena imbas dari proyek Merr 2C.

Proyek Merr 2C sendiri adalah terusan dari jalan Merr yang saat ini bernama Jalan. Ir.Soekarno. Sejatinya proyek Jalan Merr ini akan memiliki ukuran sepanjang 15km bila Merr 2C Gunung Anyar ini telah tuntas. Jalur Merr memang menjadi andalan untuk mengurai kemacatan yang terjadi di tengah kota. Namun saat ini kondisinya masih terhambat di kawasan Gunung Anyar Surabaya. Hal ini di sebabkan oleh alotnya pembebasan lahan pada kawasan yang terletak di paling timur Kota Surabaya ini. 



Saking alotnya masalah pembebasan lahan, proyek kelanjutan Merr 2C ini terlihat mangkrak sejak tahun 2012. Inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya macet di Jalan Soekarno pada saat berangkat dan pulang kerja. Maka dari itu, saat ini Pemerintah Kota Surabaya melakukan percepatan untuk pembebasan lahan dan persil rumah yang masih berdiri.

Seperti yang terjadi pada pagi kemarin, Pemerintah Kota Surabaya kembali membebaskan delapan persil yang harga kesemuanya adalah 2,2 milyar. Dengan sudah di bebaskannya delapan persil ini , berarti pekerjaan rumah yang adalah membebaskan 26 persil lainnya. Ke-26 persil ini terdiri dari 9 rumah dan 17 tanah sawah. 

Pemerintah Kota Surabaya menargetkan pembebasan keseluruhan lokasi untuk jalan Merr2C bisa selesai tahun ini. Total panjang persil yang di bebaskan adalah 1.6 kilometer. Namun sebagian jalan nanti yang mengerjakan adalah pengembang yang lahannya juga dilintasi oleh Jalan Merr2C, yaitu Puri Mas.

Pembangunan Jalan Merr2C ini di targetkan akan di laksanakan pada tahun 2018 mendatang. Oleh karena itu, semua pembebasan lahan haruslah selesai pada tahun 2017 ini. Pemerintah Kota Surabaya sendiri mengaku sudah menyiapkan dana sekitar 80 milyar untuk pembangunan jalan sepanjang 1,6 km ini.

Berdasarkan pantauan dari Manunggal Media, selama proses pembongkaran persil ini tidak ada gejolak yang cukup berarti. Jadi semua petugas Kepolisian, Satpol PP Kota Surabaya dan Unsur TNI praktis hanya melihat saja. Semua pekerjaan di lakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan. Bersenjatakan 2 alat berat berupa bego satu persatu dinding bangunan mereka robohkan. Untuk persil yang jalan masuknya sempit, mereka melakukannya dengan cara manual. 

Tidak hanya dari petugas dari Pemkot yang melakukan pembongkaran. Beberapa warga juga melakukan pembongkaran sendiri terhadap bangunannya yang terkena imbas dari Jalan Merr 2C ini. SEperti yang di lakukan oleh Lamidi (52) yang sempat di temui oleh Menanggal Media. Lamidi mengungkapkan kalau semua pembayaran dari Pemkot Surabaya telah lunas. Namun dia tetap tinggal di sini meskipun rumahnya tinggal seperenpat dari rumah awalnya dulu. "nanti saya akan buka usaha mas, kalau Merr2C ini sudah jadi" jelas Lamidi. (Yanuar Yudha).

Manunggal Media

Jujur, Lugas, Update dan Anti HOAX.

1 comments:

  1. assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.Call/Wa 62822-9128-6336

    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI












































    ReplyDelete

Manunggal FanPage

Lapor Cak

Total Kunjungan