Bagaimanakah Posisi KIM..?, Sebagai Mitra, Bawahan Atau Sekedar Pelengkap Saja..? - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Bagaimanakah Posisi KIM..?, Sebagai Mitra, Bawahan Atau Sekedar Pelengkap Saja..?

Share This

Bagaimanakah Posisi KIM..?, Sebagai Mitra, Bawahan Atau Sekedar Pelengkap Saja..?

Manuanggal Media - Sudah hampir lebih dari 10 tahun Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini terbentuk. Di Kota Surabaya sendiri perkembangan KIM terlihat sangat masif. Mulai dari kiprahnya yang semakin nyata di masyarakat, maupun dari jumlahnya yang hampir menjangkau semua Kelurahan yang ada di Kota Pahlawan ini. Targetnya memang sebelum akhir tahun ini, Kota Surabaya akan memiliki sebanyak 152 Kelompok Informasi Masyarakat.

Jumlah 152 KIM ini tentunya akan menjadi sangat berarti dan kegiatannya akan terlihat sangat nyata sekali di tengah-tengah masyarakat. Namun KIM bukan hanya ada di Kota Surabaya saja, melainkan sudah terbentuk juga di beberapa Propinsi di Tanah Air ini. Jika di jumlahkan tentu saja jumlah bisa mencapai ribuan KIM yang telah terbentuk.

Dengan jumlahnya yang sudah mencapai ribuan, harusnya KIM bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Namun sayangnya, masih banyak pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang masih memandang sebelah mata mengenai keberadaan KIM.


Dari segi positioning, secara teori KIM harusnya bisa menjadi mitra pemerintah, terutama dalam hal penyebaran informasi kepada masyarakat secara luas. Nah, sebagai mitra, tentunya KIM bisa berjalan dan sejalan bersama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah. Dengan kapasitas sebagai Mitra, harusnya KIM bisa mempunyai peran lebih dalam menentukan program/agenda yang akan di laksanakan. Bahkan juga bisa lebih mengetahui kebijakan tentang anggaran untuk pelaksanaan program KIM di lapangan.  

Namun kenyataannya, ada banyak KIM yang hampir tidak pernah di libatkan dalam penentuan program, apalagi dalam urusan anggaran. Meskipun itu hanya sebatas program untuk rencana KIM itu sendiri. Jadi mereka hanya sebatas di berikan undangan untuk menghadiri suatu acara yang sifatnya pembinaan. Padahal belum tentu pembinaan jenis tersebut yang di perlukan oleh KIM. Jadi tidak heran bila KIM yang memenuhi undangan tersebut hanya sedikit jumlahnya.

Solusinya adalah Pemerintah harus duduk bareng dengan KIM untuk menentukan arah dan tujuan KIM ke depan. Bahaslah kegiatan yang akan di lakukan bersama-sama tanpa ada kesan mendikte satu sama lainnya. Karena memang Pemerintah dan KIM harusnya berjalan seiring seirama dalam melakukan fungsinya. Terutama dalam hal penyebaran informasi sehat yang saat ini sangatlah di butuhkan oleh masyarakat di tengah-tengah gencarnya berita Hoax yang muncul. (Yanuar Yudha) 

Tulisan ini merupakan Opini Pribadi dari penulis.

Penulis merupakan :
Pengamat KIM Nasional
Anggota Forum KIM Kota Surabaya Devisi Pengelolaan Media Online
Admin Kabar Surabaya
Anggota Forum KIM Kecamatan Gunung Anyar Surabaya
Anggota KIM Manunggal Rungkut Menanggal Surabaya

2 comments:

  1. Mantap....betul sekali pak adminπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sdh mengulas tentang keberadaan KIM πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Tak berujung dan jg tdk berpangkal.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Pages