Chusniati Di Nobatkan Sebagai Pahlawan Lingkungan - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Chusniati Di Nobatkan Sebagai Pahlawan Lingkungan

Share This

Chusniati Di Nobatkan Sebagai Pahlawan Lingkungan

Manunggal Media - Kota Surabaya mendapatkan sebutan sebagai Kota Pahlawan bukan tanpa sebab. Karena di kota inilah semangat para rakyat Surabaya dalam melawan penjajah berkobar cukup hebat. Semangat inilah yang kini tertancap erat di dada Arek-Arek Suroboyo. Meskipun saat ini perjuangannya bukan lagi melawan penjajah, namun banyak warga Surabaya yang masih berjuang demi hal lain. Seperti berjuang untuk menata lingkungan.

Salah satu pejuang lingkungan yang ada di Kota Surabaya ini adalah Chusniati. Sejak tahun 1991 beliau berupaya untuk membersihkan sungai di Kawasan Gunung Anyar Tambak sehingga saat ini bisa berkembang menjadi kawasan Wisata Mangrove yang cukup asri. Keuletan dari Chusniati ini kemudian membuat PLN membantunya dengan mendirikan Bank Sampah sehingga para nelayan selain mencari ikan juga turut mencari sampah di sekitar sungai. Kemudian sampah tersebut mereka jual ke Bank Sampah untuk biaya kehidupan sehari-harinya. Kegigihan Chusniati inilah yang akhirnya membuatnya di nobatkan sebagai Pahlawan Lingkungan oleh para pegiat lingkungan pada Hari Pahlawan lalu.

Acara penobatan Pahlawan Lingkungan ini di prakarsai oleh Komunitas Sea Soldier Surabaya. Bertempat di Gazebo Bank Sampah, komunitas yang di inisiasi oleh Nadine Chandradinata ini juga mengundang para pegiat lingkungan lain yang ada di Kota Surabaya ini. 

Satu-persatu dari para pegiat lingkungan ini memberikan paparan pada acara yang di gelar pada hari Minggu (11/10/201/) pagi. Beberapa pegiat lingkungan yang hadir dalam acara ini adalah Winardi dari Komunitas Peduli Sungai Surabaya. Dalam paparannya Winardi menjelaskan mengenai perannya dalam membenahi salah satu sungai yang ada di pinggiran kota surabaya. Dengan merangkul warga sekitar akhirnya sungai yang dulunya dangkal dan penuh sampah bisa menjadi bersih dan indah.

Selain pegiat lingkungan, seorang peneliti juga hadir dalam acar ini, yaitu Bapak Agustinus. Beliau ini berhasil menemukan alat yang bisa menghasilkan bahan bakar setara dengan premium dengan mengolah plastik bekas.

Agenda ini di tutup dengan penyusuran sungai yang menjadi Primadona dari serangkaian acara Penobatan pahlawan Lingkungan ini. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad

Pages