Masjid Al Muslimun bagikan 1000 Kantong Daging Qurban - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Masjid Al Muslimun bagikan 1000 Kantong Daging Qurban

Share This

Masjid Al Muslimun bagikan 1000 Kantong Daging Qurban

Manunggal Media - Hari Raya Idul Adha adalah salah satu sarana bagi umat Muslim untuk berbagi kepada sesama. Begitu juga yang di lakukan oleh warga di Kelurahan Rungkut Menanggal Surabaya. Pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1439H tahun ini, masjid satu-satunya yang ada di perumahan Rungkut Barata ini sukses membagikan sebanyak 1000-an kantong daging qurban kepada yang membutuhkan.

Proses penyembelihan hewan qurban di masjid Al-Muslimun perumahan Rungkut Barata berlangsung selama kurang lebih 6 jam. Pada tahun ini, para takmir masjid berhasil mengumpulkan sebanyak 50 ekor kambing dan 21 ekor sapi.

Untuk pengamanan proses pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini, jalan di depan Masjid Al-Muslimun harus di tutup total. Lokasi penyembelihan kambing di laksanakan di tepi sungai depan Masjid, sedangkan untuk sapi di tempatkan pada sisi timur masjid. Pemisahan sarana penyembelihan ini di maksudkan agar dagingnya tidak tercampur dan proses pengolahannya lebih rapi dan cepat.

Demi mensukseskan acara kali ini, beberapa organisasi yang ada di masjid Al-Muslimun di libatkan sepenuhnya. Mulai dari Takmir Masjid, anggota Remaja Masjid, Ibu-ibu pewirta dan masih di tambah tenaga dari luar masjid. Tenaga luar ini meliputi para penjagal, dan untuk proses pemecelan tulang-tulang sapi dan kambing.

Untuk memastikan daging qurban ini layak di komsumsi, pihak Al-Muslimun juga menggandeng Kedikteran Hewan Universitas Airlangga guna mengecek kesehatan dari daging yang akan di bagikan. Ada 6 orang yang di perbantukan untuk memeriksa daging hasil sembelihan Idul Adha ini

"Saat ini ada penyakit baru yang biasanya menginfeksi bibir dan tenggorokan sapi, untuk itu kami mengambil beberapa sample untuk kami teliti" terang.M najib selaku pipmpinan tim pemeriksa kesehatan hewan.

Tim dari Kedokteran Hewan Unair ini memeriksa dengan teliti setiap hati hewan qurban yang telah di sembelih, terutama untuk sapi. Apabila di temukan adanya cacing atau kelainan pada hati, maka hati tersebut akan di musnahkan agar tidak menulari manusia.

Keseluruhan proses penyembelihan hewan Qurban tahun ini bisa di bilang lancar dan tanpa hambatan yang berarti. Pada pukul 16.00wib semua proses penyaluran daging qurban ini selesai di laksanakan. (Yanuar Yudha)

Proses Pengulitan Kambing

Tim Unair Memeriksa Kelayakan Daging

Ibu Pewirta Menimbang Daging

Proses Penimbangan Dagingh Sapi

Post Bottom Ad

Pages