News Scroll

Pojok Rungkut

Seputar Surabaya

Kegiatan KIM

Umum

Manunggal Vlog

You are here

Wonowisata Bintang Mangrove Laksanakan Upacara Di Tengah Laut

Wonowisata Bintang Mangrove Laksanakan Upacara Di Tengah Laut

Manunggal Media - Biasanya kita melaksanakan upacara bendera di tengah lapangan atau di tempat terbuka. Namun apa jadinya jika kita harus melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di tengah laut. Inilah yang di lakukan oleh beberapa komunitas dan pengelola tempat wisata di kawasan Gunung Anyar Tambak. 

Suasana kawasan Gunung Anyar Tambak pada Sabtu Pagi (18 Agustus 2018) ini tampak ramai sekali oleh personel-personel dari anggota komunitas. Beberapa dari mereka tampak sibuk dengan persiapan seperti pendaftaran peserta, pembagian pelampung, pembagian pita merah putih dan sebagainya. Kegiatan ini adalah persiapan untuk melaksanakan upacara di tengah laut. Tepatnya berada di lokasi pos pantau yang ada di tepi muara.

Cuaca yang cukup terik pada pagi ini, ternyata tidak menyurutnya semangat para peserta untuk segera melaksanakan upacara di tengah laut. Tepat pada pukul 07.00wib semua persiapan telah selesai di lakukan dan seluruh para peserta upacara telah hadir di lokasi. 

Para peserta yang ikut dalam upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini antara lain berasal dari pengelola Wonowisata Bintang Mangrove, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pegiat Lingkungan dari Urban Care dan Sekolah Sungai, Perwakilan dari CSR PT.PLN serta perwakilan dari Pemerintah Kota Surabaya dan media cetak.

Untuk menuju ke lokasi acara yang ada di Pos Pantau, semua peserta di naikkan ke atas perahu kayu. Perahu ini adalah perahu nelayan dengan kapasitas 7-8 orang. Total ada 7 perahu yang di gunakan sebagai alat transportasi menuju ke lokasi upacara. Perahu ini melakukan start dari bank Sampah Bintang Mangrove.

Tepat pada pukul 08.00wib semua perserta sudah ada di lokasi upacara yang ada di tengah muara. Proses pengibaran bendera di sertai dengan lagu Indonesia Raya terasa sangat spesial. Hal ini di karenakan semua peserta harus bisa berdiri sembarai menjaga perahu agar tetap stabil dan tidak goyang. Upacara Bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di tengah laut ini di pimpin oleh perwakilan dari Kecamatan Gunung Anyar.      

Setelah upacara bendera selesai di lakukan, para pegiat lingkungan langsung menceburkan diri ke lumpur. Mereka terjun ke lumpur sambil membawa bibit mangrove untuk di tanam di sekitar lokasi upacara. Sebanyak 100 bibit mangrove, sukses di tanam di kawasan tersebut.

Slamet Efendi. salah satu peserta upacara menjelaskan bahwa selain sebagai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk menumbuhkan kecintaan terhadap kawasan mangrove. "Salah satu caranya adalah para peserta di haruskan untuk memungut sampah yang mereka dapatkan di sepanjang jalur antara Bank Sampah Bintang Mangrove ke lokasi upacara dan juga sebaliknya" jelas Slamet. Kegiatan upacara dan penanaman bibit mangrove ini di akhiri dengan prosesi makan siang di kantor bank Sampah Bintang Mangrove. (Yanuar Yudha)   

Proses Penanaman Bibit Mangrove
Penyematan Pin Kepada KIM Swaraguna

Prosesi Penaikan Bendera Merah putih





Mnunggal Media

Jujur, Lugas, Update dan Anti HOAX.

Manunggal FanPage

Lapor Cak

Total Kunjungan