News Scroll

Pojok Rungkut

Seputar Surabaya

Kegiatan KIM

Umum

Manunggal Vlog

You are here

Fotografer Ternama Bagikan Ilmunya Kepada Pegiat Kim Kota Surabaya

Fotografer Ternama Bagikan Ilmunya Kepada Pegiat Kim Kota Surabaya

Manunggal Media - Jepretan foto yang bagus tentunya akan menarik minat orang untuk melihatnya. Bila kemudian di gabungkan dengan sebuah tulisan, tentu saja akan menarik orang untuk membaca tulisannya juga. Dalam sebuah artikel, kemampuan membuat foto yang bagus serta di tunjang dengan tulisan yang enak di baca, tentunya akan membuat orang senang untuk membacanya.

Bagi para pegiat KIM Kota Surabaya, membuat artikel yang bagus adalah suatu keharusan agar blog yang di kelolanya menjadi ramai oleh pengunjung. Dengan begitu, pesan atau informasi yang ingin di sampaikan ke masyarakat akan dapat terdistribusi dengan baik.  

Untuk membekali para pegiat KIM, Dinkominfo Kota Surabaya kembali mendatangkan narasumber yang cukup ahli di bidang Fotografi. narasumber ini adalah DR. Yuyung Abdi. Pria yang telah menghasilkan beberapa buku tentang Fotografi ini merupakan salah satu Fotografer master yang ada di Kota Surabaya. Hasil jepretannya telah banyak menghiasi media-media cetak di Kota Pahlawan ini.

Dalam workshopnya yang di laksanakan di lantai 5 Gedung Pemkot Surabaya, beliau mengajarkan bagaimana ilmu dasar dari sebuah fotografi. Ternyata untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus di perlukan beberapa ilmu dasar tentang fotografi. "Jadi jangan hanya asal jpret saja...nanti foto yang di hasilkan jadinya sangat biasa dan tidak menarik" ucap Yuyung.

Beberapa ilmu dasar Fotografi yang adi ajarkan oleh Yuyung adalah Proporsi, Sudut Pengambilan gambar (Angle), Pencahayaan dan warna. "Buatlah foto se-colourfull mungkin, karena mata manusia ini tertarik akan warna yang cantik" jelas redaktur Foto media Jawa Pos ini. Yuyung juga menyarankan untuk mengambil foto dari Angle yang berbeda, sehingga hasil fotonya juga jadi berbeda dengan hasil foto orang lain. "Sering-sering berlatihlah menggunakan high angle atau juga low angle tergantung dengan tema foto yang kita inginkan" imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Yuyung Abdi juga membekali KIM dengan cara membuat foto produk UKM dengan bantuan alat pencahayaan yang murah meriah. Dalam prakteknya lulusan Unair ini menggunakan 3 buah lampu darurat kecil sebagai lightingnya. Meskipun dengan alat sederhana namun foto yang di hasilkan ternyata menjadi luar biasa. "Lampu darurat seharga 50ribuan ini menjadi alat yang wajib saya bawa saat foto di luar ruangan" terangnya. "Tidak selamanya Alat fotografi itu mahal, tergantung pinter-pinternya kita saja"imbuhnya. 

Melihat antusiasme para peserta workshop dan sempinya waktu yang ada, Dra.Sri Puri Surjandari. S.Msi, selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kota Surabaya berjanji akan segera di laksanakan workshop lanjutan mengenai Fotografi. "Mungkin nanti akan lebih banyak prakteknya, agar rekan-rekan KIM bisa lebih handal lagi dalam mengambil foto"jelas Puri. (Yanuar Yudha)

Mnunggal Media

Jujur, Lugas, Update dan Anti HOAX.

No comments:

Leave a Reply

Manunggal FanPage

Lapor Cak

Total Kunjungan