Pelatihan Pembuatan Ikan Asap Di Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Pelatihan Pembuatan Ikan Asap Di Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove

Share This

Pelatihan Pembuatan Ikan Asap Di Kawasan Wonowisata Bintang Mangrove

Manunggal Media - Rasa ikan asap yang khas tentunya sangat menggugah selera. Apalagi kalau sudah di tambahkan sambal dan lalapan, tentunya akan membuat perut menjadi semakin keroncongan.  Tenyata tidaklah mudah membuat suatu ikan asap yang enak sekaligus juga sehat. Nah pembelajaran Labsite kali ini akan mengupas tuntas tentang bagaimana membuat ikan asap yang enak, sehat serta menggugah selera.

Pembelajaran Labsite yang di prakarsai oleh BP PAUD dan Dikmas Privinsi Jawa Timur ini sudah memasuki pertemuan ke-6. Tema dari pertemuan kali ini adalah pembuatan Ikan Asap yang sehat dan nikmat. Sekaligus bagaimana penataan di piringnya sehingga enak untuk di lihat. 

Pembelajaran yang di laksanakan pada hari Minggu (21/10/2019) ini di buka oleh Yanuar Yudhatama dan sebagai tutor ikan asap adalah Alivia dan Dewi untuk tutork penyajiannya. Kegiatan yang di laksanakan pada pukul 09.30 ini berlangsung cukup meriah dan dihadiri oleh 10 warga belajar. 

Alifia menerangkan bahwa mengasap ikan harus memperhatikan kebersihan dari ikan dan alat pemanggangnya. "Ikan harus di bersihkan dari kotoran dengan menggunakan air mengalir" jelas Alivia. 

Untuk melakuakn pengasapan ikan yang sehat, berikut cara-cara yang di sarankan oleh Alifia :
  1. Bersihkan ikan dari sisik dan "jeroan" dengan air mengalir
  2. Pembersihan jerioan di lakulan lewat insang agar perut ikan tidak rusak saat di asap
  3. Setelah ikan bersih, ikan di tusuk bambu dari mulut/mata hingga bambu masuk ke ekor
Sarana dari pengasapan ini adalah tempurung kelapa. Tempurung kelapa ini di pilih karena residu bekas pembakarannya yang bersih, sehingga tidak menempel pada daging ikan yang akan di asap. Pengasapan ikan ini kira-kira memakan waktu selama setengah jam hingga ikan tersebut matang dan siap untuk di santap.

Sedangkan untuk teknik plating atau penyajian, Dewi menyarankan penggunaan sayuran yang juga sekaligus bisa di makan menjadi lalapan. Setelah penyajian usai, para peserta juga mempraktekkan teknik food fotografi yang telah di ajarkan pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan pembelajaran ikan asap ini di akhiri dengan santap siang bersama di dermaga mangrove Gunung Anyar surabaya.

Ibu Yulia selaku wakil dari BP PAUD dan DIKMAS Provinsi Jatim menjelaskan, bahwa dengan pelatihan ini diharapkan anak-anak warga belajar bisa mandiri. "kalau mereka sepakat, nanti kita akan bantu untuk membukakan outlet ikan asap yang di kelola sendiri oleh mereka" jelas Yulia. Dengan adanya outlet ini anak-anak akan mempunyai pendapatan sampingan, sedangkan untuk pemasaran nanti bisa di bantu oleh rekan-rekan dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  (Yanuar Yudha)   


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages