Gelaran LCCK KIM Kota Surabaya Berlangsung Meriah - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Gelaran LCCK KIM Kota Surabaya Berlangsung Meriah

Share This

Gelaran LCCK KIM Kota Surabaya Berlangsung Meriah

Manunggal Media - Di setiap tahunnya pegiat Informasi Surabaya yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini selalu mempunyai acara yang sangat prestisius. Acara ini semacam ujian dan kompetensi bagi para anggota KIM untuk melihat sejauh mana kemampuan mereka dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Meskipun semacam ujian, namun acara ini di kemas menjadi ajang yang menyenangkan dan memberikan hiburan bagi warga sekitar. Nama dari acara ini adalah Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK).

Seni Tari Dari Pertura
Seperti di tahun-tahun sebelumnya, event LCCK ini selalu digabungkan dengan pelaksanaan Pertunjukan Rakyat (Pertura). Hal ini di maksudkan agar masyarakat di sekitar lokasi acara juga bisa mendapatkan hiburan yang menarik. Event yang di gelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya (Dinkominfo) ini berlangsung cukup meriah dan atraktif. Mulai dari masyarakat, Relawan KIM dan pengisi acara tampak melebur menjadi satu untuk menikmati acara LCCK ini.

Acara LCCK KIM 2018 yang digelar pada hari Sabtu (18 September 2018), dimulai tepat pukul 09.00wib dan di buka langsung oleh sekretaris Dinkominfo, Cahyo Utomo ST,MTP. Dalam pidato singkatnya Cahyo menuturkan bahwasannya Informasi adalah hal yang bisa dibuat baik atapun menjadi buruk, tergantung siapa yang menguasainya. Oleh karena itu KIM selaku relawan informasi di lapangan harus bisa memilah informasi mana yang benar dan mana yang hoax, sebelum di teruskan kepada masyarakat. "KIM juga harus mampu berinovasi dalam melakukan penyebaran informasi melalui media yang di kelolanya, termasuk melalui beragam media sosial, karena jaman sekarang media sosial pengaruhnya juga luar biasa" terang Cahyo.

Penampilan Tim Yel-Yel Siwalankerto
LCCK KIM 2018 ini diikuti oleh 3 KIM, yaitu KIM Siwalankerto dari Kelurahan Siwalankerto, KIM Sinar Baru dari Kelurahan Simomulyo Baru dan KIM Kandangan Sejaterah dari Kelurahan Kandangan. Ketiga peserta ini adalah peserta yang lolos dari babak semifinal sebelumnya. Sebelum peserta ini tampil, para pendukungnya lebih dahulu memberikan semangat dengan manampilkan yel-yel yang cukup atraktif.

Para Dewan Juri
Ada 4 babak yang harus di lalui oleh ketiga peserta ini, yaitu babak perkenalan KIM, Paparan mengenai media yang di gunakan, Babak Cerdas Cermat dan terakhir adalah fragment atau theatrikal. Persaingan nilai para peserta berlangsung sangat ketat. Hal ini terlihat dari selisih nilai yang sangat tipis, KIM Kandangan Sejahtera berhasil mengumpulkan nilai 251,5, KIM Simbar Jaya mendapatkan nilai 247,1 dan di peringkat ketiga KIM Siwalankerto mendapatkan nilai 243,5.  

Event LCCK yang di gabungkan dengan Pertura ini rupanya banyak menarik minat warga Pucang yang berada di sekitar lapangan Kalibokor Surabaya. banyak pertunjukan kesenian yang di tampilkan pada acara ini seperti Reog Ponorogo, Musik Campursari, dan Ketoprak. Selain hiburan, Pemkot surabaya juga menghadirkan beberapa dinas terkait untuk memberikan pelayanan langhsung kepada masyarakat, seperti BNN, Dinas Ruang Terbuka Hijau dan Pertanian, Dinas Perijinan, dan beberapa dinas lainnya. (Yanuar Yudha)  

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad

Pages