Slamet Effendi Kenalkan Teknik Dasar Fotografi - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Slamet Effendi Kenalkan Teknik Dasar Fotografi

Share This

Slamet Effendi Kenalkan Teknik Dasar Fotografi

Manunggal Media - Saat ini hampir semua orang bisa menngambil foto melalui Hanphone-nya (HP) masing-masing, baik itu foto selfie maupun foto peristiwa. Apalagi di era digital ini semua gadget telah di lengkapi dengan kamera yang canggih. Namun terkadang, meskipun Hp sudah canggih, ternyata hasil yang di dapatkan kurang begitu bagus. Untuk itulah pada program Labsite BPPAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur kali ini para peserta didik di ajarkan bagaimana mengoptimalkan kamera Hp untuk menghasilkan foto yang bagus.

Pembelajaran teknik fotografi dasar menggunakan Hp ini di mentori langsung oleh Ketua KIM GAT Media, Slamet Effendi. Kegiatan yang di lakukan pada hari Minggu (7 Oktober 2018) ini di hadiri oleh 10 peserta didik, dan pengelola serta para pengajar. Dalam paparannya, Slamet mengemukakan beberapa poin penting dalam pengambilan foto lewat HP, yaitu :
  1. Sedapat mungkin hindari penggunaan Zoom. Hal ini di karenakan zoom yang ada pada HP adalah digital zoom, sehingga jika hasil fotonya di perbesar akan mengakibatkan gambar pecah.  
  2. Ambil gambar secara Horozontal/landscape foto yang di hasilkan lebih bercerita
  3. Kenali sumber pencahayaan dengan baik. Hal ini untuk menghindari gambar yang sifatnya Backlight
  4. Kenali lebih dalam lagi kemampuan kamera di HP, agar kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan hp masing-masing.
Kegiatan pembelajaran yang di lakukan di gazebo Wonowisata Bintang Mangrove ini berjalan dengan atraktif. Setelah di ajarkan teori dasar fiotografi, para peserta didik ini juga langsung di ajarkan praktek Food Fotografi. Yang menjadi object Food Fotografi ini adalah aneka gorengan seperti ote-ote, pisang goreng, tahu isi dan lain sebagainya.

Selain praktek Food Fotografi, pembelajaran kali ini juga melakukan praktek di outdoor. Lokasi praktek yang di pilih adalah mangrove Gunung Anyar Surabaya. Di lokasi ini para peserta didik di ajarkan bagaimana mengatur foto yang baik. Mulai dari pencahayaan, mengatur model hingga komposisi object. Setelah pelatihan foto ini selesai, semua peserta mendapatkan bonus berupa susur sungai dengan menggunakan perahu hingga ke laut lepas. 

Pembekalan pembelajaran fotografi ini nantinya di harapkan dapat menunjang kegiatan wisata di Wonowisata Bintang Mangrove Gunung Anyar Surabaya. (Yanuar Yudha)
  

 

 

1 comment:

Post Bottom Ad

Pages