KIM Manunggal Sebarkan Virus Blog Di BLC Kebun Bibit Surabaya - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

KIM Manunggal Sebarkan Virus Blog Di BLC Kebun Bibit Surabaya

Share This

KIM Manunggal Sebarkan Virus Blog Di BLC Kebun Bibit Surabaya

Manunggal Media - Kota Surabaya sudah menjadi barometer nasional bagi perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Indonesia. Tingkat pertumbuhan KIM di Kota Surabaya sangatlah menggembirakan. Saat ini hampir di 154 Kelurahan yang ada di kota Pahlawan ini telah mempunyai KIM atau bisa di sebut juga sebagai Relawan Informasi. Sebagai Anggota KIM, Tentunya sudah wajib untuk memiliki Blog. Karena Blog inilah nanti yang akan menjadi media sebagai penyebaran informasi yang di kelola oleh KIM.

Sebagai relawan informasi, tentunya anggota KIM ini harus mempunyai kemampuan untuk mengelola media yang dimilikinya. Untuk itulah pada hari Selasa (2 Oktober 2018), Yanuar Yudha dan Slamet Efendi membagikan ilmunya kepada Kelompok KIM yang ada di Kecamatan Rungkut Surabaya. Sebanyak 6 orang para Relawan Informasi ini hadir untuk mengikuti pelatihan ini.

Berlokasi di Broadbrand Learning Centre (BLC), Yanuar Yudha yang merupakan anggota dari KIM Manunggal, mulai berbagi ilmu mengenai pembuatan Email dan Blog. "Saya sengaja memberikan pemantapan dasar dahulu, mengenai pembuatan email dan Blog, agar mereka lebih paham lagi" jelas Yudha. Memang sebagian dari peserta ini rupanya masih ada yang belum pernah membuat blog ataupun mempunyai email. Dalam kesempatan ini Yudha berharap semua peserta nantinya bisa membuat blog meskipun sederhana. 

Sedangkan Slamet Efendi ketua KIM GAT Media memaparkan bagaimana cara menulis di blog dengan baik. "Meskipun tulisan sederhana. 5w dan 1 H haruslah menjadi acuan dalam menulis" terang Slamet. Selain mengajarkan ilmu jurnalistik sederhana, Slamet juga mengajarkan cara peletakan foto yang baik sesuai kaidah media. "Pengambilam foto haruslah landscape/horisontal" jelasnya. 

Pelatihan pembuatan blog ini kemudian di akhiri dengan kesepakatan para peserta untuk meng-upload minimal satu berita dalam satu minggu. (Yudha)      

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages