Persiapan Menghadapi Bencana Alam Dengan Bijak - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Persiapan Menghadapi Bencana Alam Dengan Bijak

Share This

Persiapan Menghadapi Bencana Alam Dengan Bijak

Manunggal Media - Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya saat ini di Indonesia telah terjadi 2 bencana yang cukup besar. Yaitu bencana gempa bumi di Lombok dan bencana gempa bumi di sertai tsunami di Sulawesi Selatan. Sebenarnya Indonesia sendiri adalah negara yang rawan terkena bencana. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang di lalui oleh berbagai patahan dan di kelilingi oleh puluhan gunung berapi aktif.

Bencana memang tidak akan bisa di prediksi kapan akan datang. Namun setidaknya kita bisa bersiap diri. Sehingga jika bencana itu datang kita sudah siap untuk mengantisipasinya. Hal ini mutlak di perlukan untuk meminimalkan jumlah korban yang mungkin akan terjadi. 

Berikut 2 cara utama yang bisa kita siapkan untuk menghadapi bencana :
  1. Tas Siaga Bencana
Tas siaga bencana akan sangat diperlukan apabila terjadi keadaan darurat. Dengan tas ini kita bisabertahan untuk kondisi terburuk, setidaknya dalam waktu 3 hari. Untuk mempersiapkan ini, anda tinggal menyimpan semua barang yang diperlukan ke dalam kantong plastik kedap air dan memasukkannya ke dalam tas ransel.

Kebutuhan dasar minimum yang telah direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dimasukkan ke dalam tas siaga bencana yang pertama adalah dokumen-dokumen penting seperti foto copy kartu keluarga, tanda pengenal (KTP, SIM, paspor), polis asuransi, buku tabungan, dan surat/sertifikat berharga dengan ijazah dimasukkan ke dalam plastik kedap air.

Berikutnya adalah perbekalan penunjang hidup, antara lain air minum kemasan, makanan siap saji, pakaian ganti (baju lengan panjang, celana panjang, pakaian dalam), senter dan baterai cadangan, dan kotak P3K. 

Ada perlengkapan lain seperti uang tunai, kertas dan pensil, foto anggota keluarga, tas ransel, peluit untuk memberi sinyal bantuan, jas hujan plastik, pisau lipat serba guna, tali nilon, peta, serta telepon seluler dengan pengisi daya (charger) plus baterai cadangan/power bank.

      2. Buat Soft Copy Semua Dokumen  

Kebanyakan dari kita selalu menyimpan dokumen-dokuemn penting dalam lemari. Cara tersebut sebenarnya baik, namun jika bencana datang, seperti kebakaran maupun bencana alam lainnya dokumen-dokumen tersebut akan rawan musnah. Ada baiknya mulai sekarang kita mendokumentasikan semuanya dalam bentuk softcpy dan di simpan di dunia maya. nantinya jika terjadi sesuatu, kita bisa mengunduhnya lagi kapanpun, di manapun., Berikut cara kerjanya :

Siapkan semua dokuemn penting anda

1. KTP / Passport / SIM
2. Akte Kelahiran
3. Kartu Keluarga
4. Ijazah
5. Surat nikah
6. Sertifikat rumah
7. BPKB & STNK
8. Buku rekening
9. Dokumen legalitas perusahaan (untuk yg memiliki usaha sendiri)

Berikut saran cara melakukan back-up (menyimpan)
1. Scan semua dokumen penting
2. Simpan file di flash disk / hard disk
3. Kompres file-file tsb  menggunakan zip/rar dengan menggunakan password
4. Simpan file di storage online ( google drive / dropbox / cloud), menggunakan password yg berbeda dg password file zip/rar (no.3)
5. Share nama & password akun dan password file zip/rar hanya ke keluarga inti.

Itulah tips singkat yang bisa kita terapkan untuk menghadapi bencara dengan bijak (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages