Puncak Musim Kemarau, Waspadai ISPA - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Puncak Musim Kemarau, Waspadai ISPA

Share This

Puncak Musim Kemarau, Waspadai ISPA

Manunggal Media - Pada bulan Oktober ini seharusnya Kota Surabaya sudah memasuki musim penghujan. Namun hingga saat ini cuaca di Kota Pahlawan ini masih terasa panas menyengat. Keadaan ini juga banyak di rasakan oleh warga Rungkut Menanggal Kota Surabaya. Meskipun sudah berada di dalam rumah, namun suhu udara masih terasa panas. Hal ini di karenakan posisi matahari yang berada di bumi bagian selatan dan posisi Rungkut Menanggal sendiri yang terletak di tepi pantai. 

Suhu udara yang mencapai 35 derajat Celcius tentu saja mengakibatkan kekeringan pada sejumlah wilayah. Di perumahan Rungkut Barata Surabaya sendiri, nampak sekali rumput-rumput taman di ruang terbuka sudah berwarna kecoklatan. 

Pada musim kemarau berkepanjangan ini, ada beberapa hal yang patut di waspadai, yaitu timbulnya penyakit ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Penyakit ISPA ini biasanya akan menular lewat udara. Gejala awal yang mungkin terjadi adalah Flu dan batuk. Selain ISPA, yang perlu di waspadai adalah gejala Diare yang kerap menyerang anak-anak. 

Untuik menghindari ISPA, di harapkan warga dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Kenakan Masker. Udara kering biasanya akan di ikuti oleh angin kencang. Segera kenakan masker apabila terjadi angin kencang. Karena angin kencang akan membawa debu yang berterbangan.
  2. Perbanyak Minum Air Putih. Hawa yang panas akan mengakibatkan tubuh kerkurangan cairan. Untuk menghindari dehidrasi, perbanyak minum air putih dan selalu bawa air putih kemanapun anda berada. 
  3. Hindari Membeli Makanan Di Tempat Terbuka. Sedapat mungkin hindari memberli makanan yang di jual di tempat terbuka. Biasanya makanan ini akan mudah terkontaminasi oleh debu dan kotoran lainnya. Makanan yang terkena debu akan membuat anda mudah terkena penyakit Diare.
  4. Vitamin C. Agar tubuh terhindar dari penyakit. Usahakan untuk minum vitamin C secara rutin. (Yanuar Yudha)

 

 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages