News Scroll

Pojok Rungkut

Seputar Surabaya

Kegiatan KIM

Umum

Manunggal Vlog

You are here
, ,

Cara Mencatat Meter PDAM Mandiri Lewat HP

Cara Mencatat Meter PDAM Mandiri Lewat HP

Manunggal Media - Beberapa waktu lalu ada berita termuat di media massa bahwa ada banyak warga yang terkejut di karenakan tagihan air dari PDAM naik sangat tinggi. Biasanya yang setiap bulannya hanya membayar sekitar 200-ribu, ternyata pada bulan ini tagihannya melonjak ke angka jutaan rupiah.

Menanggapi hal tersebut, pihak PDAM Surya Sembada selaku perusahaan pemasok air di kota Surabaya ini memberikan tanggapannya. Hal ini biasanya terjadi karena adanya selisih dari angka meter yang di catat oleh petugas catat meter dengan pemilik hunian yang mencatat nomornya sendiri.

Memang, saat ini pihak PDAM melarang warga untuk mencatat sendiri nomor meter PDAM-nya. Karena PDAM sudah mempunyai petugas catat meter yang selalu berkeliling ke rumah-rumah seriap harinya. Namun hal ini bukan perkara mudah, karena tidak setiap rumah yang di datangai oleh petugas ada penghuninya. Ada kalanya pagar depan rumah tertutup, sehingga petuga tidak bisa melakukan tugasnya. Biasanya kalau sudah begini, tagihan air akan di dasarkan pada rata-rata seperti pada bulan-bulan sebelumnya.
Nah, untuk mengantisipasi kesalahan yang akhirnya membebani pelanggannya, PDAM telah mengembangkan aplikasi yang bisa di gunakan warga Surabaya untuk mencatat sendiri angka pada meter PDAM-nya. Ternyata caranya sangatlah mudah.

Begini cara mencatat meter PDAM secara mandiri :    

1. Instal Aplikasi PDAM Surabaya lewat Playstore

Pada saat membuka aplikasi pertama kali, anda akan di minta untuk mengisi nomor rekening PDAM, Nomor Telephone dan alamat rumah.

2. Pada tampilan Layanan yang anda butuhkan pilih "Layanan Pelanggan"

3. Pada tampilan Layanan Pelanggan, pilih "Catat Mandiri" 



4. Setelah itu akan muncul tampilan berupa foto untuk memfoto angka meter PDAM dan juga kolom untuk menuliskan secara manual.

Setelah di foto, data angka meter ini otomatis akan terkirim ke PDAM. Pastikan anda sudah meng-aktifkan fitur "Posisi/GPS" pada android anda sebelum membuka aplikasi ini.    

Manunggal Media

Jujur, Lugas, Update dan Anti HOAX.

No comments:

Leave a Reply

Manunggal FanPage

Lapor Cak

Total Kunjungan